Rabu, 02 April 2014

salamsuper[dot]com: Pemimpin Yang Tumbuh Bersama Rakyat

salamsuper[dot]com: Pemimpin Yang Tumbuh Bersama Rakyat


Pemimpin Yang Tumbuh Bersama Rakyat

Posted: 02 Apr 2014 10:30 AM PDT

Sahabat Sekalian. Cukup lama saya tidak menengok dan update blog ini, hal ini karena berbagai kesibukan yang sangat menyita waktu (sok sibuk mode:on :-D).

Artikel kali ini mari kita berbicara ringan dan rileks sejenak mengenai pesta demokrasi di negara kita.

….Setiap pemimpin akan diminta pertanggung jawabannya atas apa yang dipimpinnya.

Ternyata menjadi pemimpin itu tidak mudah, karena memimpin itu adalah amanah yang berat. Tetapi menjelang PEMILU Legislatif dan Presiden Tahun 2014 ini, banyak orang menghalalkan segala macam cara untuk mendapatkan posisi pemimpin negeri ini.

Padahal bukan tugas bagi seorang pemimpin untuk membangun sebuah kerajaan bagi dirinya sendiri. Tugas pemimpin yang paling utama adalah membuat sebuah perbedaan; perbedaan yang benar-benar dibutuhkan bagi lingkungan dimana ia tumbuh dan berkembang.

Dan yang dimaksud dengan perbedaan bukanlah maju dari satu langkah menuju satu depa; melainkan melompat melintasi keterbatasan-keterbatasan, menyibak kekhawatiran akan kegagalan, serta menjelajahi imajinasi dan visi.

Ada empat hal sederhana yang harus diketahui seorang pemimpin:

1. Satu-satunya definisi dari seorang pemimpin adalah seseorang yang memiliki pengikut. Sebagian orang adalah pemikir. Sebagian lain adalah nabi. Kedua peran itu penting. Namun, tanpa pengikut, tidak ada pemimpin.

2. Seorang pemimpin yang efektif bukanlah seseorang yang disukai atau dikagumi. Ia adalah seseorang yang pengikutnya melakukan hal yang tepat. Kepopuleran bukanlah kepemimpinan. Tetapi hasil adalah kepemimpinan itu.

3. Pemimpin sangat terlihat jelas. Oleh karena itu, mereka memberikan teladan.

4. Kepemimpinan bukanlah masalah peringkat, hak istimewa, gelar, atau uang. Tetapi kepemimpinan adalah tanggung jawab.

Karena itulah, yang kita dambakan bukanlah pemimpin yang tiba-tiba datang dari tempat yang jauh di sana. Namun, pemimpin yang lahir dari tanah dimana kita sama-sama belajar mengenai kehidupan; pemimpin yang tumbuh dari air dimana kita sama-sama meneguk pengalaman; pemimpin yang merekah dari udara dimana kita sama-sama menghirup suka duka.

Perubahan terbaik hadir dari pemimpin yang menyemaikan jiwanya pada ladang tempat ia dan pengikutnya sama-sama mencangkul.

Semoga tahun 2014 ini terlahir para pemimpin terbaik, dan membawa kebaikan bagi bangsa ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
Jake Simms
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt utlaoreet dolore.