Sabtu, 03 Mei 2014

salamsuper[dot]com: Tips Menjaga Sang Buah Hati

salamsuper[dot]com: Tips Menjaga Sang Buah Hati


Tips Menjaga Sang Buah Hati

Posted: 03 May 2014 03:25 AM PDT

Sahabat Sekalian, Akhir-akhir ini pemberitaan kita dihebohkan dengan kasus pelecehan seksual anak kecil, dan kasus seperti ini dari tahun ketahun sudah sering dibicarakan. Putra/Putri kita adalah aset bangsa, maka menjaga sang buah hati dari semua yang meghambat dan mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya menjadi hal utama. Dalam hal ini yang paling berperan penting dalam menjaga anak adalah para orang tua, khususnya sang Bunda. Bunda harus senantiasa menjaga anak sejak dalam kandungan hingga usia dewasa. Kesibukan Ayah Bunda sekarang ini tanpa disadari menjadi penyebab munculnya banyak masalah pada sang buah hati. Semestinya Ayah Bunda selalu menjalin komunikasi yang baik dengan seorang anak.

sang buah hati
Menyikapi kejadian kekerasan seksual di JIS, Sukabumi dan beberapa kejadian serupa di daerah lain, serta kasus kekerasan seksual antar anak, remaja dan lainnya yang saat ini banyak terjadi di sekitar kita,  ada beberapa Tips Menjaga Sang Buah Hati untuk  Ayah Bunda  :

1. Bekali anak dengan pemahaman pentingnya menjaga diri. Bahwa dirinya amat sangat berharga, tidak sembarang orang dapat menyentuhnya.

2. Tekankan pada anak, agar berhati-hati terhadap sentuhan dari orang lain.
Ajari si kecil tentang perbedaan sentuhan :
- Sentuhan baik adalah bagian atas bahu & bawah lutut
- Sentuhan membingungkan adalah bagian bawah bahu sampai atas lutut
- Sentuhan buruk adalah sentuhan pada bagian-bagian yang ditutupi pakaian dalam.
Ajari si kecil bagaimana harus bersikap bila menerima sentuhan buruk dan membingungkan.
Meskipun sentuhan itu dari orang laki-laki terdekatnya (Paman, Kakek, Tetangga, bahkan Ayah-nya sendiri).

3. Semaksimal mungkin hindari anak-anak dari gadget (smartphone, tablet, ipad), tv, komputer, lebih baik berikan mainan untuk kegiatan fisik semisal, bola, sepeda, bowling-bwlingan, dan atau buku-buku cerita/pengetahuan, buku aktifitas (Ingat : buku adalah investasi berharga yang kita tanam untuk anak); dan atau mainan edukatif (puzel, lego, balok, tangram, kartu-kartu yang mendidik, dan sejenisnya (sudah banyak dijual di toko buku)

4. Berikan “underwear rule“. Aturan pada anak dalam berpakaian, dimana, kapan dan pada siapa boleh membuka pakaian dalam. Jangan biasakan anak kita (usia balita) hanya memakai pakaian dalam saja saat di rumah, meski sedag bersama orgtua/anggota keluarga. Mulai berikan pemahaman tentang aurat laki-laki adalah dari pusar sampai lutut; dan aurat perempuan semua, kecuali telapak tangan dan muka.

5. Bagi yang muslim, berikan aturan sesuai Islam, sejak usia 7 tahun sudah dipisah tidurnya anak laki-laki dan perempuan. Dan tidak boleh tidur dalam satu selimut. Bila masuk kamar orang tua (pada saat sebelum subuh, antara zuhur dan ashr, dan ba’da Isya) harus mengetuk pintu terlebih dahulu.

6. Orang tua tidak membiasakan diri hanya memakai handuk saja saat keluar dari kamar mandi. Aturan ini juga harus dibiasakan pada anak.

Demikian sedikit Tips Menjaga Sang Buah Hati, semoga bermnafaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
Jake Simms
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt utlaoreet dolore.